Siti Rusydiyyatun Niswah, Mahasiswa Berprestasi Yang Pernah Magang di Bandung TV

0

Siti Rusydiyyatun Niswah atau yang lebih akrab dipanggil Teh Niswah adalah salah satu mahasiswa berprestasi yang pernah dimiliki UIN Sunan Gunung Djati, Bandung. Niswah merupakan salah satu mahasiswa jurusan Bahasa Dan Sastra Arab, Fakultas Adab dan Humaniora, yang lulus pada tahun 2017. Ia merupakan mahasiswa asal kabupaten Bandung.

Selama empat tahun menjadi Mahasiswa UIN, Niswah telah meraih banyak prestasi dalam berbagai perlombaan yang telah diikutinya. Saingannya bahkan berasal dari berbagai universitas-universitas terbaik di Indonesia. Meskipun begitu, Niswah tidak pernah merasa gentar dan selalu berusaha menunjukkan performa terbaik yang dimilikinya. Terbukti ia berhasil menjuarai banyak perlombaan yang telah diikutinya.

“Pernah ikut lomba baca berita bahasa Arab di UGM, juara dua, itu yang pertama. Kemudian lanjut lomba yang serupa juga, lomba Baca Berita Bahasa Arab di UIN Malang, pernah di UIN Surabaya, kemudian di UIN Jakarta, dan setelahnya ikut Lomba baca berita (News Anchor) di Universitas Pancasila, Jakarta. Pernah juga mengikuti lomba baca berita Bahasa Arab di Ma’had Al-Jami’ah dan meraih Juara satu.” Ujar Niswah sewaktu diwawancarai.

Niswah sendiri mengaku mulai tertarik dengan dunia News Anchor setelah mengikuti lomba News Anchor di Universitas Pancasila Jakarta. Setelahnya, ia kebetulan mendapat info dari Pak Mahi Hikmat, salah seorang kenalannya untuk mengikuti lomba di Bandung TV yang pada saat itu sedang mengadakan kerja sama dengan Penggadaian. Lomba di Bandung Tv saat itu masih pada kategori yang sama yaitu News Anchor dan Presenter. Dan dengan luar biasanya, Niswah meraih juara dua pada saat mengikuti lomba tersebut sekaligus mendapat kesempatan untuk magang di Bandung TV selama sepuluh bulan. Niswah tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut dan ia magang menjadi seorang presenter pada program acara Halo-Halo Bandung.

“Setelah itu, jadi sering disuruh jadi juri lomba baca berita, pernah jadi Juri Lomba Baca Berita Bahasa Arab di PBA UIN Bandung.” Ungkap Niswah.

Selama menjadi Mahasiswi UIN, Niswah mengaku sering diikut sertakan dalam berbagai acara kampus seperti seminar dan acara organisasi kampus seperti HMJ, dan ITHLA, meskipun ia tidak tergabung dan mengikuti organisasi kampus tersebut. 

Tidak sampai disana, di akhir masa perkuliahannya Niswah juga tercatat sebagai wisudawan lulusan terbaik dengan predikat pujian pada acara wisuda ke-68 UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

“Kalau mau menjadi wisudawan terbaik memang dilihat dari IPK semester satu sampai akhir, dan kebetulan waktu itu yang tertinggi.” Ujar Niswah. Ia juga mengngkapkan jika ingin mendapat IPK tinggi, tinggal mengikuti standar perkuliahan dengan sebaik mungkin dan mengerjakan semua tugas dari dosen.

Saat ini, Niswah sendiri telah menikah dan dikaruniai dua orang putra. Ia juga telah bekerja sebagai Waka Kesiswaan dan Humas di Early Years Tunas Unggul. Niswah juga memberikan pesan motivasi di akhir wawancara bagi Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung, khususnya jurusan BSA. “Dimanapun kalian berada, apapun posisinya, tetap maksimalkan potensi yang ada pada diri kalian. Tetap membumi dengan membawa bahasa langit.” (9/6/2024)

by :

  1. Naila Salsabila 1215020140
  2. Ufi fadilah 1225020195
  3. Ratu Anti Salimah 1215020169

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *