Tugas Laporan Jurnalistik Wawancara: Muhamad Abdul Halim, M. Ag.

0

Feature – Nida Firdaus Albanjari, Rapi Anwar Basari, Risa Harpiatul Haq

    Dalam dunia akademis yang dinamis, sosok dosen memiliki peran penting dalam membimbing dan menginspirasi mahasiswa untuk mencapai potensi terbaik dalam dirinya. Dibalik gemerlap ilmu pengetahuan dan hiruk pikuk dunia pendidikan, terukir kisah inspiratif para dosen yang mendedikasikan diri untuk mencerdaskan bangsa sebagaimana para dosen yang mengajar di jurusan Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Salah satu sosoknya yang inspiratif tersebut adalah Muhamad Abdul Halim, M. Ag. Seorang akademisi dengan segudang prestasi yang berpengalaman dan berkomitmen tinggi dalam rumpun ilmu kebahasaan dan sastra Arab. NIDN Muhamad Abdul Halim, M. Ag adalah 2014047701, yang tidak hanya menjadi penanda keberadaannya sebagai seorang pendidik, tetapi juga sebagai sumber pengetahuan dan inspirasi bagi mahasiswa.

    Beliau memulai pendidikan dari SD-SMA di tempat lahirkannya yaitu Ciamis. Lalu menempuh gelar S1 di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung pada tahun 2002, kemudian gelar S2 di Universitas yang sama pada tahun 2008. Keberhasilannya pada tahun 2009

    beliau diangkat menjadi PNS dan dosen tetap di Fakultas Adab Humaniora UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Walaupun sudah memiliki karir yang menjanjikan, beliau masih semangat untuk menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yakni menjalani S3. Dedikasi beliau terhadap bidang kebahasaan dan kesastraan Arab tak hanya terlihat dari riwayat pendidikannya yang gemilang tetapi juga dari karya-karyanya yang istimewa. Beliau telah menghasilkan berbagai publikasi ilmiah baik dalam bentuk buku maupun jurnal ilmiah. Akan tetapi tidak semua dipublikasikan salah satu karya penelitiannya yang berjudul “ داللية دراسة“ الكريم القران فى ”النفس“ الفاظ الزحيلي لوهبة المنير تفسير و الصابونى على لمحمد التفاسير صفوة تفسيى فى المشتركة معانيها عن” pada tahun 2011.

    Pengalaman mengajar beliau terbilang kaya, beliau telah mengajar berbagai mata kuliah di setiap ajaran. Diantaranya; (1) Maharatul Kalam Al-Maudhu pada tahun 2015, (2) Menulis Karya Ilmiah, Sosiolinguistik dan Maharatul Kalam Al-Ilmi pada tahun 2016, Maharatul Kalam Al- Wadzifiy, Filsafat Umum, dan Filsafat Islam pada tahun 2017, (3) Kebudayaan Arab, Pengantar Studi Islam, Balaghah pada tahun 2018, (4) Filsafat Ilmu, Metode Pengajaran Bahasa Arab pada tahun 2019, (5) Nahwu Al-Asasi, Maharatul Qiroah Al-Ilmiyah dan Al-Wadzifiyyah, Kapita Selekta Bahasa Arab pada tahun 2020. Beliau selalu berusaha menciptakan suasana belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi para mahasiswanya. Beliau adalah sosok dosen yang inspiratif dan patut diteladani, beliau telah menunjukkan bahwa dengan kerja keras dedikasi dan tekad yang kuat kita dapat mencapai kesuksesan dan memberikan kontribusi yang berarti bagi bangsa dan negara.

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *