Mesir Telah Berhasil Menempatkan Air Sebagai Inti Aksi Iklim

0
Sumber: https://id.pinterest.com/pin/535998793152619505/

Mesir – Prof.Dr.Hani Sweilem, Menteri Sumber Daya Air dan Irigasi, berpartisipasi dalam sesi dialog interaktif “Percepatan pelaksanaan tujuan Dekade Aksi untuk Air dan pelaksanaan rencana Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa” , yang digelar dalam rangkaian kegiatan United Nations Water Conference 2023

Dilansir Elballad News, Jum’at (24/03/2023) ,dalam pidatonya di sesi tersebut, Dr. Swailem menunjukkan bahawa Konferensi Air Perserikatan Bangsa-Bangsa merupakan titik balik yang penting tidak hanya untuk Dekade Aksi untuk Air, tetapi juga untuk Agenda 2023. Di peringkat global, beberapa kemajuan telah dicapai. Namun demikian, untuk mencapai tujuan Dekade Air, masih banyak yang harus dicapai, terutama Dengan peningkatan risiko dan bencana udara selama beberapa dekade terakhir, selain kelemahan sistem peringatan ini, ada keperluan mendesak untuk diperhatikan. memperhitungkan hubungan yang kuat antara air, hak asasi manusia, kesehatan, perdamaian dan keamanan.

Untuk menghadapi tantangan ini, Mesir telah berhasil menempatkan air sebagai inti dari aksi iklim setelah bertahun-tahun upaya sia-sia oleh komunitas air untuk mencapai tujuan ini, yang berpuncak pada peluncuran Inisiatif Adaptasi Sektor Air Internasional, yang dirancang sebagai inisiatif yang berorientasi pada tindakan upaya yang dilakukan untuk menghemat air dan mempercepat kemajuan menuju tujuan keenam dari tujuan pembangunan berkelanjutan.

Mesir juga menyaksikan peluncuran prakarsa “Cairo Call to Action” selama Pekan Air Kairo Kelima, yang menyerukan pembentukan “program aksi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang kelangkaan air”, selain permintaan Mesir untuk penunjukan Perserikatan Bangsa-Bangsa. utusan khusus untuk urusan air, dan seruan agar air menjadi prioritas dalam semua konferensi iklim yang akan datang, dan menambahkan bagian tentang “air tawar” di sumbu pembangunan berkelanjutan PBB dan topik yang dibahas dalam konferensi internasional.

Editor : Silva Haifa Husnul Alifa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *