10 Aturan Arab Saudi Saat Ramadan: Dilarang Bawa Anak-anak ke Masjid dan Berfoto

0
10 Aturan Arab Saudi Saat Ramadan: Dilarang Bawa Anak-anak ke Masjid dan Berfoto
Sumber: Sindonews.com

Arab Saudi – Menghadapi bulan suci Ramadan, Arab Saudi memberikan peraturan baru. Adapun beberapa larangan yang dikeluarkan oleh Arab Saudi dimulai dari larangan mengajak anak-anak berfoto, hingga mengumpulkan uang untuk berbuka puasa.

Dikutip dari sejumlah sumber berita yang dirilis pada bulan Maret 2023, terdapat 10 aturan yang dikeluarkan oleh Arab Saudi.

Aturan baru Ramadan 2023 di Arab Saudi tercantum dalam surat edaran yang diterbitkan oleh Menteri Urusan Islam, Dakwah dan Bimbingan Sheikh Dr Abdullatif Al-Sheikh untuk semua cabang kementerian beberapa waktu terakhir.

Adapun aturan yang telah dikeluarkan yaitu sebagai berikut:
1. Selama Ramadan berlangsung para imam dan muadzin dihimbau agar tidak absen dari masjid, kecuali sangat mendesak. Adapun apabila diantara mereka tidak hadir maka mereka harus mencari pengganti untuk melaksanakan tugas mereka. Tetapi pengganti itu harus mendapatkan persetujuan cabang kementerian di wilayah yang dimaksud.
2. Mengumandangkan adzan tepat waktu selama bulan Ramadan dan mematuhi kalender.
3. Para imam masjid diminta untuk mempertimbangkan dan menuntaskan salat Tahajud dalam waktu yang cukup sehingga tidak memberatkan Jemaah dan menghindari salat yang berkepanjangan. Serta memperhatikan kondisi jamaah pada saat salat Tarawih.
4. Mengikuti sunah Nabi dalam doa Qunut dalam shalat Tarawih, tidak memperpanjangnya dan membatasinya hanya di masjid.
5. Para imam diminta membawa kitab-kitab bacaan yang bermanfaat untuk jamaah masjid, sesuai dengan surat edaran yang mensyaratkan itu.
6. Para Jemaah dilarang menggunakan kamera dimesjid seperti memotret keadaan dimesjid ataupun menyiarkan hal-hal yang berkaitan dengan masjid ataupun jemaah dimesjid.
7. Seorang imam memiliki tanggung jawab untuk mengatur ibadah iā€™tikaf. Serta mengetahui data jamaah yang beri’tikaf dan selalu memastikan bahwa tidak ada pelanggaran yang terjadi, sesuai dengan arahan yang diberitahukan sebelumnya mengenai kontrol i’tikaaf.
8. Dilarang untuk mengumpulkan sumbangan keuangan untuk buka puasa.
9. Bagi yang berbuka puasa dilakukan di area yang telah ditentukan seperti dihalaman masjid dan ini semua merupakan tanggung jawab imam dan muadzin. Setelah berbuka diharapkan untuk segera membersihkan bekas makanan dan tidak boleh membuat tenda sementara dan lainnya.
10. Dihimbau untuk jamaah laki-laki maupun perempuan (orang tua) untuk tidak membawa anak-anak ke masjid karena dikhawatirkan mengganggu kekhusyuan jamaah lainnya.

Demikian aturan yang telah dikeluarkan oleh Arab Saudi kepada Jemaah yang akan melangsungkan salat dan puasa disana. Arab Saudi melarang membawa anak-anak dikarenakan takut mengganggu ketika melaksanakan ibadah disana. Aturan ini dikeluarkan guna memberikan kenyamanan Bersama.

Editor : Vitaloka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *